Latest Updates

RENUNGKAN INI...BAHAYA MELALAIKAN SHOLAT...SADAR DAN WASADALAH!!!

Apakah kita masih sering meremehkan sholat, sungguh teralalu jika kita masih sering lalai dalam sholat apalagi masih ada orang yang ngakunya Islam tapi meninggalkan Sholat, padahal Sholat Itu Tiang Agama siapa yg mendirikan sholat berarti menegakkan agamanya dan siapa yang meninggalkan sholat berarti telah merobohkan agamanya.
Ingatlah bahwa sholat adalah ibadah terpenting setelah Iman, bahkan saking istimewanya sampai perintah sholat ini diambil langsung oleh Rasulullah ketika Isro’ Mi’raj dan sholat ini merupakan amalan yang pertama kalai akan dihisab di hari kiamat…apakah kita masih berani menyia-nyiakan sholat apalagi meninggalkan???

Ibarat kita bekerja pada suatu perusahaan / instansi dan boss kita memanggil kita atau memerintahkan sesuatu pasti kita akan segera mengerjakan perintah tersebut, lha ini yg memerintahkan sholat adalah Dzat Yang Maha Menciptakan kita Yang Memberikan Rezeki pada kita Yang Memegang Hidup dan Mati kita kenapa kita masih tidak takut malah justru menentang? Lha kita kita ini tinggal dibumi mana? Makan rezeki dari siapa? Menghirup udara darimana? Astaghfirullah…sadarlah saudaraku.. berapa banyak Nikmat Allah yang sudah kita dustakan??

Allah memerintahakan kepada kita untuk beribadah itu hakekatnya adalah juga untuk kita bukan untuk Allah karena Allah SWT tetap akan Mulia dengan Kemuliaan-Nya, walaupun seluruh makhluk didunia ini ingkar kepada-Nya dan juga walaupun seluruh makhluk taat kepada-Nya tak akan mengurangi / menambah Kemuliaan Allah SWT… justru kitalah yang akan merugi bila kita tak taat kepada-Nya..
Renungkanlah perkara ini dengan hati yang jernih dan sadarlah :

“Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,” (Qs. Al-Mulk 1-2)

Jadi Allah memerintahkan kita untuk beramal itu sebenarnya untuk menguji kita siapa diantara kita yang terbaik amalnya. Mau jadi manusia yang terbaik di sisi Allah..sadarlah dan beramalah sebelum terlambat
Allah Ta’ala berfirman,

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا إِلَّا مَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا
Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui al ghoyya, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh.” (QS. Maryam : 59-60)

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhuma mengatakan bahwa ‘ghoyya’ dalam ayat tersebut adalah sungai di Jahannam yang makanannya sangat menjijikkan, yang tempatnya sangat dalam. (Ash Sholah, hal. 31)
Dalam ayat ini, Allah menjadikan tempat ini –yaitu sungai di Jahannam- sebagai tempat bagi orang yang menyiakan shalat dan mengikuti syahwat (hawa nafsu). Seandainya orang yang meninggalkan shalat adalah orang yang hanya bermaksiat biasa, tentu dia akan berada di neraka paling atas, sebagaimana tempat orang muslim yang berdosa. Tempat ini (ghoyya) yang merupakan bagian neraka paling bawah, bukanlah tempat orang muslim, namun tempat orang-orang kafir.

“Tiap tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, kecuali golongan kanan, berada dalam surga, mereka saling bertanya, tentang keadaan orang orang yang berdosa. “apakah yang memasukkan kamu ke dalam Neraka Saqar? Mereka menjawab,” Kami dahulu tidak termasuk orang orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak pula memberi makan orang miskin, dan kami membicarakan yang batil, bersama dengan orang orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari pembalasan. (QS Al Muddatsir 38-46)

“Pada hari ketika betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud; maka mereka tidak kuasa, (dalam keadaan) pandangan mereka tunduk ke bawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesungguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud, dan mereka dalam keadaan sejahtera (QS al Qalam 42- 43)
Dari Jabir RA, dia bercerita,”Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,” Pemisah antara seseorang dengan syirik dan kekufuran adalah perbuatan meninggalkan shalat.” (HR Muslim)

Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala  mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”HR Abu Daud

Akerat itu kehidupan kita yang sesungguhnya, sesusah susahnya di dunia masih susah di akherat sesenang senangnya di dunia masih senang di akherat kalau amal2 kita baik. Akherat itu kehidupan yang ada awal namun tidak ada akhirnya, kalau 1000 tahun masih bias kita hitung kalau 1 juta tahun masih bias kita hitung tapi kalau Abadan Abadan… artinya selama lamanya yang kita tidak tahu hakekatnya Hanya kepada Allah kita bertawakal dan berserah diri… (bersambung…)

AYO SHOLAT SEBELUM KITA DISHOLATKAN
BERJAMAAH – DIMASJID – Di AWAL WAKTU..

Wallahu a’lam bishowab..

Mas Priyanto (smartpower78@gmail.com

0 Response to "RENUNGKAN INI...BAHAYA MELALAIKAN SHOLAT...SADAR DAN WASADALAH!!!"

Posting Komentar